ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH ^_^

Rabu, 11 Januari 2012

Perjalanan Hidup Mengajarkan Arti Sebuah Kedewasaan


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.....


Ketika pagi tadi saya sedang beres-beres, biasa kegiatan saya pagi-pagi memang beres-beresin warnet soalnya semalem berantakan banget anak-anak pada maen games.lagi asyik-asyiknya nyapu tiba-tiba saya di kagetkan sama suara ibu-ibu.
“ Ren,sampah disini kamu buang kemana..??” tanya ibu itu kesaya...”oh..sudah saya buang ke tempat sampah bu,emangnya kenapa..??”  saya heran kenapa ya ibu2 itu menanyakan sampah yg biasa saya buang setiap paginya.”gini Ren,disampah itu kan banyak botol Aqua,itu mau saya ambilin,buat dikumpulin..” jawab ibu itu....”oh...tadi sudah saya buang bu ketempat sampah,gini aja bu,besok kalo saya mau buang sampah saya bilang deh ke ibu” dengan sedikit senyuman..! ibu itupun berlalu dan dengan mengucapkan terimakasih kepada saya.

Sejenak saya berpikir,betapa berharganya botol-botol air mineral itu buat ibu tadi.padahal sering kita membuang botol air mineral ke tempat sampah,karena itu memang sampah,tapi bagi sebagaian orang botol bekas air mineral itu sangat berharga.mereka bisa kumpulkan dan dijual di tempat penjualan barang2 bekas.Terkadang kita mengeluh dengan hidup kita yang serba kekurangan,hemm..termasuk juga saya :D....Terkadang saya mengeluh dengan kerjaan saya yang menurut saya terlalu berat untuk dijalani.Tapi ketika saya melihat kejadian disekitar saya.banyak orang yang tidak lebih baik,tidak seberuntung saya,saya tidak perlu mengumpulkan botol Aqua bekas untuk dijadikan uang..Hufth...betapa tidak bersyukurnya diri ini atas nikmat yang Allah beri..ya Allah ampuni hambaMu ini yang tidak pandai bersyukur.Aamiin...^_^


Saya adalah seoarang anak yang terlahir dari keluarga yang tidak termasuk dalam golongan yang berada.(serius banget nih kayak sebuah cerpen :D).ayah saya hanya seorang jual beli barang2 loakan sementara ibu saya hanya seorang ibu rumah tangga biasa.saya juga mempunyai adik2 yang masih kecil....ya karena saya anak pertama.
Kadang saya mersa dunia ini tidak adil....dunia ini begitu menakutkan bagi saya....!! tapi dengan seiring berjalannya waktu..saya mengerti apa arti hidup ini.


Saya sekarang teramat bersyukur dengan hidup saya yang memang tidak mudah,tapi dengan ketidakmudahan itu membuat saya jadi anak yang tegar,yang bisa bijaksana dalam menyikapi hidup ini.Mungkin pembaca mengangap saya seorang yang pinter (hehehee..memuji diri sendiri jangan di contoh ya pemaca),yang kreatif.. seseorang yang terpelajar.Kebanyakan teman-teman di FB,jejaringan sosial yang sekarang lagi ngebooming...menganggap saya ini seorang yang pinter,cerdas banyak pengetahuan dsb.padahal saya hanyalah seorang perempuan biasa,menginjakan kaki di sekolah menengah pertama saja saya tidak pernah.yupzz...pembaca saya Cuma tamatan SMP.


Tapi itu tidak akan mematahkn semangat saya buat belajar dan terus belajar,karena belajar tidak hanya di pendidikan yang formal....yang tidak formal pun kita harus tetap belajar.Bukankah kehidupan ini adalah sebuah pembelajaran..??..Hidup menurut saya adalah sarana pembelajaran,selama kita masih bernafas,,..selama itu pula kita belajar.belajar arti dari sebuah kehidupan,belajar bagaimana jadi orang yang sukses dalam hidup.sukses menurut saya bukan terletak dari segi materi,kedudukan,pangkat atau sebagainya yang bersifat fana alias sementara..sukses menurut saya adalah bisa menjalani dan menikmati hidup apa adanya dengan penuh rasa syukur kepada Allah SWT.

Ketika saya berusia 17 tahun,ketika teman-teman saya sedang asyik-asyiknya dengan belajar di bangku sekolah,saya sibuk dengen bekerja,ya waktu itu saya kerja di sebuah pabrik,yang kebetulan pabrik itu menerima orang2 yang seperti saya.Terkadang saya iri melihat teman-teman bersekolah,hati ini merasa sedih,merasa sakit kenapa dunia ini rasanya tidak begitu adil buat saya.tapi saya berusaha tuk bersabar mungkin ini ujian buat hidup saya.Dengan bertambahnya pengalaman hidup serta usia saya ,saya semakin bisa menerima keadaan hidup,saya semakin tau apa itu makna hidup,saya jadi lebih tegar dengan keadaan saya.walaupun saya tidak berpendidikan saya harus tetap berkembang.saya tidak mau dikatakan orang yang awam,dari itu saya selalu belajar tuk menambah ilmu pengetahuan saya dari membaca buku2 ,koran,majalah hingga rtikel2 di internet..!!







Banyak sekali peristiwa,pengalaman hidup yang saya alami,dan banyak sekali pekerjaan yang sudah saya lakukan.saya pernah bekerja di sebuah pabrik yang penuh dengan persaingan.yang mungkin waktu itu benar2 saya merasakan hidup seperti di neraka.tapi itulah hidup penuh dengan berbagai ujian ^_^,saya juga pernah bekerja menjadi PRT...karena dengan pendidikan saya yang seperti ini tidak mungkin saya bisa  bekerja ditempat yang bagus,Tapi saya tetap bersyukur dengan hidup saya.saya juga pernah menjadi sales girl....yang kebetulan waktu itu menawarkan barbagai barang2 elektronik ke tempat daerah2 terpencil..butuh waktu berjam2 untuk sampai kesana.dengan berbagai keadaan cuaca kadang panas teriknya matahari tidak membuat saya menyerah..dan kadang hujan yang di sertai angin yang teramat kencang saya tetap optimis..!!...dari semua itu saya bisa belajar,saya temukan sahabat2 yang baik yang sering berbagi cerita dengan saya.dan saya juga pernah menjadi baby siter....Alhamdulillah dengan pekerjaan itu bisa memberikan pengetahuan untuk saya.jika kelak saya sudah menikah dan mempunyai seorang anak ^_^.dan terakhir ini saya berkerja sebagai operator warnet,makanya saya bisa online setiap hari dan saya bisa ngeblog.Alhamdulillah...

Sebenarnya pekerjaan saya bukan haya menjadi operator,saya juga suka membantu pekerjaan bos saya ,saya juga berkerja sebagai PRT,ketika pagi2 saya sibuk dengan jadwal saya yang setiap pagi selalu beres2 seperti mengepel,mencuci,masak dsb..!! nah setelah selesai baru saya ke warnet buat jagain warnet.di warnet pun saya masih disibukan dengan masak memasak.karena warnet tempat saya bekerja menyediakan makanan seperti mie goreng,mie rebus,dan nasi goreng.buat para pelanggannya semua itu saya yang memasak.tidak ada orang lain yang membantu pekerjaan saya,

Kadang hari terasa berat karena saya teramat lelah,tidak ada libur apalagi istirahat.tapi saya berusaha tuk bersabar.seperti ketika mengetik postingan ini,sebenarnya saya teramat lelah ingin rasanya berbaring sejenak tuk mereflesasikan tubuh ini.tapi apa boleh buat saya harus tetap semangat.terkadang ingin rasanya keluar dari pekerjaan ini tapi tidak mungkin saya akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari ini.di sini saya banyak belajar.di sini juga saya banyak  mendapatkan teman,sahabat yang bisa membuat hari saya lebih bermakna.dan bayak juga yang memberi inspirasi dan motivasi hidup buat saya sehingga saya mengenal apa arti hidup itu.

Banyak teman,yang saya dapatkan bekerja disini,ya walaupun hanya teman dunia maya.tapi saya tetap bersyukur karena dari mereka saya banyak belajar.pertama kali saya gabung kejejaringan sosial Facebook..saya bingung soalnya (heheheeehee saya gaptek) tapi saya pelajari sedikit demi sedikit akhirnya saya bisa...dari sana saya banyak mendapatkan teman.salah satunya kak Fat....ya nama lengkapnya Fatin Amira.saya ngeadd dia pertama kali karena saya tertarik dengan status2 Fbnya yang menurut saya rasa sosial dan solidaritasnya tinggi (heemm..boleh juga nih dijadiin teman gumam saya dalam hati) setelah beberapa lama saya berteman dengan kak Fatin,ternyata benar dia pribadi yang asyik.dari dia saya dapatkan berbagai pelajaran yang sangat bermanfaat buat hidup saya.terimakasih ya kakak ku kak Fatin Amira ^_^

Dan saya juga mempunyai adik angkat ya walaupun hanya di FB,hanya di dunia maya tapi keberadaan dia seolah nyata di hidup saya. Namanya Putri..,Menurut saya dia anak yang cerdas,dia jenius..dengan usianya yang masih muda,dia berbeda dengan anak2 sebayanya..dia bisa berfikir lebih dewasa.saya salut sama dia...!! dan dari dia juga saya banyak belajar..terutama masalah ngeblog,saya terinpirasi membuat blog karena adik angkat saya ini.memang saya sudah punya blog sebelum kenal dengan dia.tapi saya tidak begitu menekuni dunia blog saya dikala itu.karena dia semangat saya tuk membuat blog menjadi tinggi..terima kasih ya adikku Putri.^_^
Dan banyak lagi teman-teman yang lain yang tidak mungkin bisa saya sebutkan satu-persatu di postingan saya ini.





Ya,..Allah maafkan hambaMu ini yang kurang bersyukur,sejenak aku termenung,,,Ternyata betapa Indahnya hidup ini

Betapa berharganya waktu yang terlewati...

Betapa rencana Allah itu indah....


Allah mengajarkan kita arti hidup dengan jalanNya...

Dia mengajarkan kita sakit....Agar kita tau makna sehat.....


ALLAH MENGETAHUI

Saat kau lelah dan tak berdaya karena usaha yang gagal….
Allah tahu betapa gigih engkau telah berusaha…..


Ketika sekian lama kau menangis dan batinmu menderita
Allah telah menghitung tangismu…..

Saat kau rasa waktu terus meninggalkanmu
Allah menunggu bersamamu…….

Ketika kau kesepian
Dan kawanmu terlalu sibuk meski hanya untuk menelpon
Allah berada disisimu…..



Saat kau telah mencoba semua dan tak tahu harus berbuat apa lagi
Allah memiliki jalan keluarnya…..

Ketika semuanya tak masuk akal dan engkau bingung atau frustasi
Allah memiliki jawabannya…….

Saat tiba-tiba hidupmu cerah dan kau temukan secercah harapan
Allah telah berbisik kepadamu……


Ketika semuanya berjalan lancar dan banyak yang harus kau syukuri
Allah telah memberkahimu……

Saat kegembiraan datang dan engkau merasa terpesona
Allah tersenyum kepadamu…….

Ketika kau punya cita-cita dan mimpi untuk diwujudkan
Allah telah membuka matamu dan memanggil namamu,,…..


Ingatlah, dimanapun engkau dan apapun yang kau hadapi
ALLAH MENGETAHUI !


Saya merasa hidup saya sudah cukup bahagia,walaupun keadaanya belum termasuk dalam kategori bahagia.tapi bukankah kebahagiaan itu letaknya di hati..?? bukan terletak pada apapun yang kita punyai,Memang saya tidak mempunyai apa2 yang bisa dibanggakan..tapi saya tetap bahagia karena Allah telah tanamkan rasa syukur di hati saya.dengan rasa syukur ini hidup saya jauh lebih tenang dan terasa bermakna.

Buat kekasih saya,terima kasih karena telah mencintai saya apa adanya,dengan keterbatasan dan kekurangan saya.dengan  tulusnya memberikan rasa cinta kepada saya.Buat sahabat saya dimanapun berada maafkan saya jika selama ini saya telah banyak berbohong dengan jatidiri saya.saya lakukan itu karena saya masih belum dewasa tuk mengerti apa arti dari persahabatan,belum bisa memaknai hidup ini dengan bijaksana.Terimakasih kalian telah mau menjadi sahabat saya,terimakasih atas dorongan motivasi dan kata2 bijaknya yang sangat berguna dan bermanfaat bagi saya.
Inilah diri saya yang apa adanya,Memulai sesuatu dengan kejujuran.walaupun kejujuran sangat menyakitkan....tapi Insya Allah,akhirnya akan indah ^_^


Itu saja postingan saya kali ini,semoga pengalaman hidup saya bisa diambil hikmahnya buat pembaca,jangan menyerah dengan hidup ini..karena rencana Allah itu pasti indah.jangan,malu dengan status kita,karena dihadapan Allah kita sama.hanya iman dan Taqwalah yag membedakan kita.jangan pernah putus asa dengan hidup karena nikmat Allah itu sungguh luar biasa banyak.jangan pernah memandang keatas untuk kebahagiaanmu,tapi pandahlah kebawah niscaya kamu akan menemukan kebahagiaan dari rasa syukur.syukuri apapun hidupmu,tak perlu kaya untuk bahagia karena kekayaan hanya sementara..tak perlu berilmu untuk pintar..karena percuma punya ilmu tapi tidak diamalkan dalam kehidupan,jadilah orang pintar yang senantiasa mengingat mati..karena dengan mengingat mati,dunia seakan segengam tangan..tak bermakna..tak berarti karena dunia ini hanya kefanaan semata.yang kekal dan abadi hanyalah akhirat...

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.....


6 komentar:

  1. Alhamdulillah...Makasih Kak Tika!! Adek sama sekali gk nyangka ternyata Adek juga menjadi orang yang kakak sayangi... Adek terharu, bahkan ketika membacanya sampai nangis segala. Kakak, harus semangat, hidup itu bukan untuk pekerja formal saja, hidup kakak begitu luar biasa. Dunia ini adalah universitas kehidupan, pelajari apa yang ada dan anggap sebagai guru terbaik. Adek sayang kakak, adek berharap hubungan ini gk akan putus sampai di sini, adek berharap kakak mendapatkan kebahagiaan melebihi orang lain. Adek masih ingin membaca atau pun merasakan apa yang kakak katakan pada adek walau hanya sebatas dunia maya. Terima kasih kakak, SEMANGAT!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ade,kakak juga sekarang,ketika mengetik koment ini kakak terharu,kakak ga bisa tahan air mata kakak,kakak juga sayang sama ade,makasih ya atas semangatnya.maafin kakak yg selama ini telah banyak berbohong sama ade tentang status kakak yang sebenarnya.

      Hapus
  2. Gak apa-apa kak, adek juga pastinya banyak salah sama kakak baik yang disengaja ataupun gk disengaja. Ayo kita saling mengerti dan memberi semangat aja (^o^) YOOO

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener semangat de ^_^..

      de semoga dari postingan kakak ini ade bisa belajar ya, Syukuri nikmat yg Allah beri,karena masih banyak orang di luar sana yg tidak seberuntung kita.jadilah pribadi yg sukses ya adik ku sayang..sukses dunia dan sukses akhirat.

      Hapus
  3. Sama seperti berjalan, jika kita terus melihat ke belakang maka kita akan menabrak. Begitupun dengan masa lalu. Jangan terlalu berlarut-larut.­" tetap semangat ya , semoga kamu tambah dewasa aja ,

    BalasHapus