ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH ^_^

Selasa, 24 Januari 2012

Belajar Pada Kehidupan ^_^


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.....

Ketika saya termenung sejenak...,,Hampa sekali rasanya hidup ini.entah di pagi yang cerah sekitar jam 08.00 saya gundah,gundah tidak ada rasa dalam hidup ini,berhenti sejenak,apa yang bisa membuat hidup saya bersemangat lagi.Akhirnya saya bisa tersenyum,betapa Indah hidup saya ini bila saya bisa bersyukur dengan apa yang ada,dengan apapun kejadian/peristiwa yang saya alami.

Terkadang di dalam hidup terjadi suatu kejenuhan,kehampaan,kehilangan gairah.penyebab itu semua adalah ketidak dekatan hati kita dengan Sang Pencipta Allah swt.Ya,mungkin karena saya kurang bersyukur dan akhir2 ini ibadahnya lagi amburadul ( Huft..udah ninggalin puasa sunnah,sholat malam,dsb..ya Allah bukakanlah hati hamba ini agar tergerak tuk menuju cahayaMu..Aamin..)

Tapi Alhamdulillah,saya bisa kembali meresapi nikmatnya iman,dengan cara bertafakur.dan mengingat-ingat lagi apa sebenarnya tujuan hidup saya di dunia ini,apa misi saya.dan apa hakikat kehidupan.Alhamdulillah Allah swt membukakan pintu hati saya untuk bisa kembali mengingat betapa berharganya hidup saya ini.Subhanallah,Sungguh Engkau Maha Penyayang Ya Rabbi..Engkau tarik hambamu yang hina ini tuk kembali ke jalanMu,Tuk kembali menikmati cahaya iman yang ada di hati.Maafkan hambamu yang hina ini ya Allah,yang kadang lalai akan perintahMu,yang kadang lupa mengingatMu,yang kadang tak mendengar panggilanMu,yang kadang tak hiraukan seruanMu,yang kadang melakukan kehilafan karna jauh dariMu.Engkaulah Maha dari segala Maha...Ampunilah dosa hambaMu ini ya Allah.

Betapa berharganya hidup saya..tidak hanya saya tapi anda juga.Allah swt telah mempertemukan saya dengan orang-orang yang darinya saya bisa belajar,belajar mengerti hakikat hidup ini.Masalah,cobaan silih berganti itulah hidup.setiap manusia punya masalah yang dihadapi.tak ada manusia yang hidup di dunia ini tanpa MASALAH.hakikahat hidup artinya menghadapi berbagai masalah-masalah yang datang menerpa dengan sikap bijak.betapa Allah telah mendidik saya,tidak hanya saya tapi anda juga dengan didikan yang teramat luar biasa.Allah mendatangkan cobaan kepada kita agar darinya kita bisa belajar untuk menjadi manusia yang lebih kuat.Allah mendatangkan tangis kesedihan agar kita lebih bisa tegar untuk cobaan yang lebih berat lagi.hakikat cobaan bukan hanya derita yang melanda.tapi kebahagiaan pun adalah ujian.ujian kebahagiaan adalah apakah setelah  kita diberikan tawa,ceria,gembira.kita akan mengerti,itu datang dari Allah dan kita bersyukur karenanya,Ataukah kita terlena seakan lupa kepadaNya.??. 




Saya pernah kenal dengan beberapa orang yang darinya saya bisa mengerti dan semakin memikat hati saya tuk belajar dan belajar lagi hakikat kehidupan.disini saya akan ceritakan,betapa Allah telah benar2 menjaga saya,mengarahkan saya,mendidik saya dengan didikannya yang pabila saya renungkan Subhanallah,Ingin sekali saya menangis betapa Allah menyayangi diri ini,betapa Allah memperhatikan saya..,,terkadang kita lupa akan hal ini....!!


Pertama saya dikenalkan dengan seorang teman,tapi tidak bisa dikatakan teman karena usia saya terpaut jauh darinya. dia adalah seorang ibu dari dua anak yang kira2 usianya sekitar 29 tahun.Pertama saya kenal dengan dia biasa saja,saya kira dia seorang ibu yang ceria karena tidak terlihat di raut wajahnya sebuah kesedihan.semakin lama saya mengenalnya semakin saya tahu siapa dia.Entah mengapa saya dipercaya sebagai tempat curhatnya,padahal saya hanyalah anak kecil di lihat dari sisi dia dan saya.tapi Alhamdulillah dia mempercayai saya,dia luahkan semua isi hatinya kepada saya.tentang masalah hidup serta apa yang terjadi pada dirinya.sebelumnya saya tidak menyangka kehidupan yang dia alami begitu pahit.dia adalah seorang istri yang dimadu.suaminya menikah lagi tanpa sepengetahuannya,tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepdanya,tanpa persetujuannya..!! ( sungguh ini hal yang sangat menyakitkan bagi kaum wanita,seolah di tusuk pisau dari belakang,betapa tidak suami yang kita banggakan berkhianat dibelakang,,Astagfirullah jangan sampai ini nanti terjadi pada pernikahan saya kelak).dan lebih parahnya lagi ternyata mertuanya merestui pernikahan suaminya itu dengan wanita pihak kedua itu.bagai disambar petir hatinya,sungguh saya saja yang mendengarkan cerita itu ingin menangis betapa mudahnya laki2 itu mempermainkan sebuah pernikahan.yang menurut saya itu adalah janji/ikatan suci yang harus benar2 dijaga sampai akhir hayat.Tidak hanya itu,ada satu hal lagi yang sungguh menyayat hati,mengirisnya sehingga entah apa rasanya sakit amat teramat sakit.sebelum menikah dengannya ternyata suaminya itu telah mempunyai seorang istri. Ya Allah tabahkanlah wanita ini,tabahkanlah hati dan jiwanya menerima ujian2  dariMu.

Saya hanya bisa memberikan saran kepadanya tuk selalu tabah karena hakikatnya dunia ini hanya kefanaan semua itu akan berlalu saja.yang terpenting dalam keadaan apapun kita harus bisa tersenyum karena Allah pasti punya rencana yang baik untuk hambanya.


Kedua saya dikenalkan dengan seorang istri,dia wanita cantik memakai jilbab.Pertama saya kenal dengan dia,dia sedikit jutek kepada saya,tapi setelah lama kenal akhirnya saya lumayan akrab dengan dia.dari berbagai cerita teman-teman saya jadi tahu keperibadian dia.dan saya juga tahu cerita hidupnya.suatu hari ketika saya berbincang dengan dia,tiba2 dia bertanya kepada saya,” Dek Renny,apakah saya masih bisa dimaafkan..??”....” Ya bisalah mba,pintu maaf selalu terbuka buat mba,apalagi mba punya niatan yang baik,”jawab saya.sungguh saya bahagia rasanya ,saya ingin menangis.betapa bahagianya saya mendengar keinginannya itu untuk memperbaiki diri.maaf pembaca saya belum menceritakan secara detil masalah teman saya yang kedua ini.dia adalah wanita yang berusia 23 tahun,dia juga mempunyai 2 anak,serta suami yang teramat menyayanginya.yang begitu perhatian kepadanya.apapun yang dia pinta selalu dipenuhi.waktu itu tak sengaja saya melihat suaminya itu,berjam2 menunggu di depan kantor hanya untuk menjemput sang istri,padahal dari raut wajahnya saya sudah bisa menebak dia sudah teramat lelah pulang dari bekerja dan langsung menjemput istrinya yg kebetulan waktu itu ada meeting dikantor sehingga dia harus menunggu sekitar dua jam.Masalah teman saya yang 1 ini adalah.dia pernah melakukan hal yang di larang Allah..dia tidak bisa menjaga amanah dari suaminya.dia pernah selingkuh dengan rekan sekantornya.tanpa sepengetahuan suaminya.orang2 dikantor semuanya tahu,dan sering menasehati dia untuk tidak melakukan hal yang terpuji itu.tapi ya,begitulah nasehat yang diberikan hanya bisa didengar tanpa diselami ke hati.akhirnya lama2 ketahuan juga oleh sang suami.dari mulai itulah suaminya menjadi overprotektif..terhadap dirinya.apapun yang dia lakukan selalu dipantau bahkan setiap saat selalu ditelpon tuk memngetahui apa yang dilakukan istrinya itu.tapi Alhamdulillah dia sudah sadar,akhirnya Allah mengetuk pintu hatinya tuk kembali kepada suaminya.maka dari itu dia bertanya kepada saya,saya hanya bisa berikan sebuah hadist dari Rasulullah saw yang bunyinya

 “"Seandainya aku boleh menyuruh seseorang agar sujud kepada orang lain, niscaya aku akan menyuruh seorang istri agar sujud kepada suaminya." (HR At Tirmidzi, sanadnya sahih).


Karena hakikat pernikahan itu adalah ikatan suci yang harus dijaga,istri harus hormat pada suami begitupun suami harus memperhatikan sang istri,mengajarkan nilai2 agama.agar sang istri menjadi wanita sholehah yang bisa menghasilkan anak2 yang berkwalitas.yang cerdas intelektual,cerdas emosi serta cerdas spiritual.sehingga anak bisa mengakan panji2 Allah...,menjadi anak yang kuat dan bijaksana dalam mengarungi kehidupan.

Itu perkenalan saya dengan wanita yang sudah memiliki keluarga darinya saya bisa belajar tentang apa itu arti pernikahan,dan bagaimana mengatasi suatu masalah dalam pernikahan.karena tidak dipungkiri dalam pernikahan pasti ada saja rintangan dan cobaanya.kalau tidak belajar dari sekarang,bagaimana saya kelak menghadapi semua itu,apabila hal itu menimpa diri saya.tapi saya berdoa semoga Allah memberikan saya seorang suami yang mencintai saya karena Allah,sehingga apapun yang nantinya terjadi pasti dia akan ingat,bahwa dia mempersunting saya niatnya ibadah karena Allah.maka Insya Allah dia tahu apa arti sebuah pernikahan.

Disesi kedua,saya diperkenalkan dengan teman yang usianya sebaya dengan saya.setiap manusia pasti punya masalalu.baik masalalu yang menyenangkan maupun yang menyedihkan.yang terang maupun yang kelam.dia wanita berusia 18 tahun,ya lebih muda 1 tahun dari saya.sebelumnya saya akan menceritakan terlebih dahulu alurnya,sehingga mudah diserap oleh pembaca.ketika dia berusia 15 tahun.sebenarnya saya tidak terlalu dekat dengannya,tapi karena pada suatu ketika tempat kerja kami bersamaan akhirnya saya mengenal dia secara mendalam.Pembaca pasti sudah tau,pergaulan jaman sekarang ini semakin bebas,moral2 anak bangsa sudah memudar.bgitupun teman saya yang 1 ini,akibat kebebasannya dalam bergaul,terjadilah hal yang tidak diinginkan,hamil diluar nikah.akhirnya dengan terpaksa dia harus meninggalkan masa remajanya dengan menikah di usia dini.teman saya ini menikah diusia 15 tahun.dari pernikahan ini hadirlah seorang anak.anak perempuan yang lucu,ya saya sering main ke rumah teman saya,dan sering becanda,bermain dengan anak perempuanya yang berusia sekitar 3 setengah tahun.sungguh sebenarnya saya ingin menangis melihat anak sekecil ini menangung hasil perbuatan orang tuanya.pembaca saya akan ceritakan lagi,teman saya ini bercerai setelah 1 tahun pernikahan,dan anaknya yang sekarang,yang sering saya ajak main dititipkan di tempat ibunya/neneknya.sementara ibu dan ayahnya entah ada dimana.saya pernah melihat mereka sedang asyik bercengkrama dengan pasangan barunya masing2 nauzubillah..( sungguh hati saya sakit,air mata saya tidak bisa saya tahan,ingin rasanya saya menjerit,betapa tak berhatinya kalian menelantarkan anak sekecil ini,padahal kalian yang menghadirkannya.) tapi itu hanya bisa saya ucapkan didalam hati saja.pernah saya bertanya kepada teman saya itu,tentang keadaan anaknya,tapi dia seolah tak perduli,yang dia ceritakan hanyalah cerita pacarnya saja.miris hati ini mendengarnya.suatu ketika saya melihat anaknya itu bermain dengan teman sebayanya,dengan baju yang kumal,kulit tak terurus,rambut entah kemana,acak-acakan,ya,orang tuanya tak memperhatikannya lagi.saya mendekatinya dan bertanya kepadanya “De,mamah mana?? “mamahnya kelja kak (dengan cadelnya dia berkata kepada saya karena memang usianya masih kecil) “trus kalo papah mana??’ tanya saya lagi...”papah ga ada,papah saya sudah mati” Astagfirullah,mendengar ucapan dari anak sekecil itu saya tersentak,anak sekecil itu saja sudah bisa berkata seperti itu,itulah betapa penting kasih sayang orang tua kepada anak,agar anak bisa belajar bahasa yang baik.tapi amat disayangkan kasihan sekali saya melihat anak teman saya ini,betapa tidak beruntungnya dia,di usia sekecil itu sudah menangung hasil perbuatan orang tuanya.seandainya dia anak saya pasti akan saya sayangi sepenuh hati,akan saya didik dengan didikan yang baik,agar nantinya jadi anak yang cerdas dan berakhlak yang baik.sedih sekali saya dengannya,betapa dia tidak mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya.betapa tidak ada perhatian untuknya.saya hanya bisa berdoa semoga kelak dia jadi anak wanita yang kuat,yang tabah,yang cantik,yang sholehah yang bisa mengajarkan kepada orang tuanya agar kembali kejalanNya.


Dari cerita diatas bisa kita simpulkan,betapa Allah menyayangi saya,Dia mengenalkan saya dengan orang2 yang memiliki berbagai macam masalah,yang darinya saya bisa belajar.belajar memaknai hidup...!!

Pembaca,yang masih lajang/belum menikah..isilah masa2 muda kalian dengan hal-hal yang bermanfaat,jagalah diri kalian,perkuat iman,tambah wawasan ilmu agama.dan jadilah pribadi yang baik  jagalah kesucian kalian,buat para wanita maupun laki2 jaga lah diri kalian dari zina,karena zina adalah hal yang bisa mendatangkan murka Allah,balasannya tidak hanya di akhirat tapi didunia juga akan dibalaskan.terutama buat para wanita,jagalah kesucian diri,karena wanitalah yang teramat menderita jika terjadi kehamilan di luar pernikahan,hidupnya hanya menagung aib yang berkepanjangan,pernikahan yang dihasilkan karena zina tak akan bahagia,karena masa-masa yang hilang saat remaja sekan menyayat hati terjadi penyesalan yang mendalam.hubungan pasutri pun akan dipenuhi percekcokan,suasana2 romantis yang terjalin sudah tak bisa dirasakan karena beban yang ada,dan karena masa2 pacaran dahulu sudah terasa semua.akibatnya hambar...!! pernikahan jadi tak bermakna....tapi selama ada niatan yang baik,niatan bertaubat kepada Allah,maka Allah akan memberikan jalan yang terbaik.sucikan niat menikah karena Allah.maka pernikahan akan indah.

“WANITA JAGALAH KESUCIANMU,KEPERAWANANMU,KEHORMATANMU..!!’ dan mempersembahkannya untuk yang halal kelak ^_^

Dan untuk pembaca yang sudah berkeluarga jagalah pernikahan yang sudah kalian bina,jadikanlah keluarga kalian keluarga yang harmonis,keluarga yang sakinah mawadah warahmah.untuk para istri patuhlah kepada suami,karena surga seorang istri berada pada suaminya.Ingatlah

Dari Abu Hurairoh Radhialloohu 'Anhu, ia berkata bahwa Rasululloh Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Apabila seorang wanita mendirikan sholat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, niscaya ia akan masuk Surga dari pintu mana saja yang ia suka”.


Maka dari itu yuukkk para wanita muslimah yang Insya Allah berusaha tuk menjadi lebih baik..menjadi wanita muslimah yang sholehah..muslimah yang sejati,perbaiki diri.agar lebih baik,dekatkan diri pada Allah swt.raihlah RidhoNya…gapailah cintaNya..carilah AmpunanNya. ^_^

Buat para suami,didiklah keluarga anda menjadi pribadi2 yang bertaqwa..istri yang sholehah,anak2 yang sholeh/sholehah..!! Tuntunlah keluarga menjadi keluarga yang menegakan syareat Islam.keluarga yang islami yang penuh dengan keharmonisan,gelak canda dan tawa..keluarga yang menjadi tauladan buat keluarga2 yang lainnya.

Itu saja postingan saya kali ini,semoga pembaca bisa mengambil hikmah/pelajaran dari cerita yang saya muat dipostingan ini.hanya pahala dan ridho Allah lah yang saya harapkan.lebih dan kurang saya mohon maaf,bila ada penulisan yang tidak berkenan dihati tolong saya dimaafkan ^_^

Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh….












Tidak ada komentar:

Posting Komentar